STRESS MEMBUAT RAMBUT MENJADI ABU2

 

Dalam islam:

QS Al Muzzamil:17 — Lalu bagaimana kamu bisa menghindari hukuman, jika kamu kafir, pada hari (yaitu hari kiamat) yg akan membuat anak2 beruban?

1400 tahun yl:

Allah SWT berfirman, bahwa rambut manusia pd hari kebangkitan akan menjadi abu2.(QS Al Muzzamil:17). Ini adalah hari2 yg sulit, ketika semua orang akan menunggu penghakiman dan Allah akan membenci orang2 kafir dan ateis. Dalam ayat tsb dikatakan, bahkan rambut anak2pun menjadi abu2 karena tekanan yg sangat keras.

Beberapa orang mungkin mengklaim bahwa Allah mengatakan ayat ini sebagai penyederhanaan untuk membuat orang membayangkan tingkat kesulitan hari itu.

Penelitian Ilmuwan:

    • Penelitian terkini mengkonfirmasi bahwa tekanan psikologi yg tinggi mempengaruhi rambut dan membuatnya menjadi abu2.
    • Para peneliti telah menemukan bahwa jenis ‘stress genotoksik’ yaitu tekanan yg melakukan kerusakan pada DNA akan menghabiskan sel2 induk melanosit (MSC) dalam folikel rambut. Folikel rambut ialah sel yg bertanggungjawab untuk menghasilkan pigmen.
    • Para ilmuwan menemukan bahwa rambut beruban merupakan fenotip penuaan yg paling jelas. Dapat disebabkan oleh respon kerusakan genom melalui diferensiasi sel induk yang menunjukkan bahwa fisiologis rambut beruban dapat dipicu oleh akumulasi kerusakan DNA tidak dapat dihindari dan kerusakan DNA-respon yg berhubungan dengan penuaan melalui diferensiasi MSC.
    • Emi Nishimura of Tokyo Medical and Dental University: “DNA di dalam sel yg berada dibawah tekanan menyerang secara exogen dan endogen merusak DNA seperti mutagenic kimia, cahaya UV, dan radiasi ion. Hal ini diperkirakan bahwa sel tunggal dalam mamalia menemukan sekitar 100.000 DNA dapat rusak setiap harinya. Secara terus menerus, dia menjelaskan, sel memiliki cara menguraikan untuk memperbaiki kerusakan DNA. Setelah sel-sel induk yang rusak ireversibel, sel-sel induk yang rusak perlu dihilangkan untuk menjaga kualitas dari kolam sel induk, Kami menemukan bahwa stres genotoksik yang berlebihan memicu diferensiasi sel-sel induk melanosit. Dan bahwa diferensiasi mungkin cara yang lebih canggih untuk menyingkirkan sel-sel daripada merangsang kematian mereka.
    • Nishimura’s group sebelumnya menelusuri hilangnya warna rambut dengan bertahap, dari sel induk yang menjaga kelangsungan penyediaan melanosit baru, memberi warna rambut yang muda. Sel-sel induk khusus yang tidak hanya kehilangan, mereka juga berubah menjadi sel-sel pigmen berkomitmen penuh dan di tempat yang salah. Temuan ini mendukung gagasan bahwa ketidakstabilan genom merupakan faktor signifikan yang mendasari penuaan secara umum, kata para peneliti.
    • Mereka juga mendukung “stem cell hipotesis penuaan,” yaitu bahwa sel induk dapat menjadi penyebab utama untuk gejala yang datang dengan usia. Selain deplesi sel penuaan-terkait batang biasanya terlihat pada sel-sel induk melanosit, perubahan kualitatif dan kuantitatif untuk sel induk tubuh lainnya telah dilaporkan dalam sel induk darah, otot2 jantung, dan otot2 rangka. Menekankan pada kolam sel induk dan pemeliharaan kegagalan genom juga telah terlibat dalam penurunan kapasitas jaringan pembaharuan dan penampilan percepatan penuaan-terkait karakteristik.
    • Apapun yg bisa membatasi stress, dapat menghentikan beruban, kata para peneliti.

 

 Disini kami akan bertanya:

    1. Mengapa Al Quran berbicara tentang ‘rambut’ di kepala dengan mempertimbangkan bahwa adegan mengerikan di hari kebangkitan akan mempengaruhi seluruh tubuh?
    2. Siapa yg mengatakan kepada nabi Muhammad mengenai informasi medis ini, ketika orang2 hanya mengetahui tentang pertempuran dan peperangan?

Jawaban dari pertanyaan pertama adalah bahwa efek dari banyak tekanan psikologi mungkin dapat menghilang dengan waktu, tetapi satu-satunya efek yang tidak dapat diperbaiki adalah apa yang terjadi pada Stem Cells yang menyebabkan rambut menjadi abu-abu. Allah ingin memberitahu kami tentang secuil bagian tentang apa yg terjadi pada hari kebangkitan dan juga ingin mengatakan kepada kita tentang kenyataan medis yang membuktikan bahwa nabi Muhammad SAW adalah tulus dan bahwa pesan Islam adalah pesan sejati

Oleh karena itu jawaban dari pertanyaan kedua adalah jelas.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s