MENOLONG ORANG LAIN MENYEMBUHKAN STRESS

 

Dalam islam:

QS Al Insan:8-9 – dan mereka memberikan makanan yg disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yg ditawan. “Sesungguhnya kami member makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak pernah mengharapak balasan dan terima kasih dari kamu”

Nabi merekomendasikan membantu orang lain dan memenuhi kebutuhan

Hadist: Dari Abu Hurairah dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah kalian akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian suatu amalan jika kalian mengerjakannya, niscaya kalian akan saling mencintai? (yaitu) Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Ibnu Majah: 3692, Shahih)

Hadist: Dan demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggamanNya, tidaklah seseorang beriman hingga ia mencintai tetangganya, atau Beliau berkata, untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri. (HR Muslim no: 65)

Hadist: Dan sabda Nabi saw:

“Allah swt senantiasa menolong hambaNya selama hambaNya menolong saudaranya.” (ijma’/consensus Majmu’ Fatawa 6/325-326)

Dari hadist2 ini, kita menyadari besarnya kepedulian nabi membantu orang lain dan berbuat kebaikan kepada mereka sampai mempertimbangkan setiap pekerjaan yang Anda lakukan untuk meredakan seorang Muslim dari penderitaan di dunia ini.

Penelitian ilmuwan:

    • Ahli dalam psikologi menegaskan bahwa membantu orang lain mengurangi stres, di mana seseorang yang terlibat dalam membantu orang lain merangsang ekskresi dari Endorphin, sebuah hormon yang membantu dalam merasakan kenyamanan psikologis dan kegembiraan.
    • Allan Lex, mantan manajer “Promosi Health Institute” di Amerika Serikat, menegaskan bahwa membantu orang lain membantu mengurangi intensitas stres, di mana membantu orang lain mengurangi kekhawatiran dan dengan demikian, ia dapat merasakan kenyamanan psikologis.
    • Peneliti menyatakan bahwa manusia tidak dipaksa untuk menolong orang asing, dan ia memiliki kebebasan untuk membuat keputusan bantuan atau tidak. Bahwa kebebasan adalah dianggap sangat penting untuk mencapai hasil psikologis yang diperlukan dari membantu orang lain.
    • Penelitian ilmiah sebelumnya menunjukkan pentingnya toleransi, memaafkan orang lain dan untuk tidak tersinggung… Semua orang dapat meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh manusia dan oleh karena itu dapat melindungi dirinya dari berbagai penyakit. Kita dapat mengatakan bahwa setiap perbuatan baik kita lakukan dapat membantu dalam meningkatkan suasana hati, meningkatkan tingkat sistem kekebalan tubuh dan memberikan tubuh dosis tambahan kebal terhadap penyakit dan terutama stres.
    • Depresi, mempengaruhi dunia di luar zona Islam. Penyakit mengarah untuk bunuh diri

Dalam islam:

Islam sangat peka, Allah SWT tahu, bahwa orang yang beriman dan mencintai kebaikan dan membantu orang lain, perbuatan ini dapat menyembuhkan depresi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia

Ketika Islam peduli berbuat baik, ini untuk keuntungan masyarakat, dan untuk mencapai imbalan dalam hidup dunia dan akhirat.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s